11
Mar
09

Komix, Obat Batuk Paling Dipercaya Konsumen

man_coughSetiap orang pasti pernah mengalami batuk. Bila terserang batuk, sungguh tidak mengenakkan. Apalagi jika disertai rasa gatal pada tenggorokan. Jika serangan batuk menjadi-jadi, bisa disertai rasa pegal pada perut, dan bahkan bisa saja timbul keram karena tertekan akibat batuk.

Gejala batuk biasanya menyertai penyakit lain seperti influenza. Bila seseorang terserang flu, dia akan mengalami pilek, demam, dan sakit kepala yang disertai batuk. Namun, batuk juga bisa timbul akibat peradangan pada paru-paru, misalnya penyakit tuberculosis (TBC).

Batuk terbagi menjadi dua tipe, yakni batuk kering dan batuk berdahak. Batuk kering timbul karena adanya sensitivitas pada bulu-bulu getar di tenggorokan, misalnya jika timbul alergi. Sedangkan batuk berdahak adalah batuk yang disertai dengan keluarnya lender yang bisa berasal dari peradangan pada paru-paru.

Secara umum penyakit batuk akan lebih mudah menyerang orang pada peralihan musim, terutama bila terjadi perubahan temperatur udara mendadak dari musim panas ke musim dingin atau penghujan. Kondisi tubuh yang tidak fit juga memudahkan terkena batuk.

Saat ini telah beredar berbagai merek obat batuk di pasaran yang semuanya mengklaim paling mujarab menyembuhkan gejala batuk. Namun manakah sebenarnya yang memiliki perceived quality yang tinggi sehingga paling dipercaya konsumen? Riset MARS Indonesia di 7 kota (Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Medan, Makassar, Denpasar) yang termuat dalam “Indonesia Consumer Profile 2008” menunjukkan bahwa Komix menjadi obat batuk yang paling sering dikonsumsi oleh para konsumen.

Selama dua tahun berturut-turut, Komix yang terkenal dengan tagline-nya “Batuk? Di-Komix aja..!” mampu mempertahankan dominasinya di pasar obat batuk. Bila pada 2006 Komix meraih 22,36% responden, maka pada 2007 naik menjadi 24,6%. Ini tentu tren positif baginya yang semakin jauh meninggalkan para kompetitornya.

Vick Formula 44, misalnya, yang menguntit di posisi kedua trennya justru menurun. Jika pada 2006 ia masih meraup perolehan 16,6% maka pada 2007 hanya meraih 14,5% responden. Sedangkan untuk posisi ketiga, keempat dan seterusnya terjadi persaingan yang cukup ketat sehingga terjadi pergeseran posisi.

Contohnya adalah jika pada 2006 OBH berada pada posisi kelima dengan perolehan 9,31% maka pada 2007 naik cukup signifikan ke posisi ketiga dengan porsi 11,7%. Lalu, Konidin, yang pada 2006 posisinya di bawah kelima maka pada 2007 berhasil menduduki posisi keempat dengan porsi 9,9%.

Sementara OBH Combi melorot cukup tajam, dimana pada 2006 ia masih bertengger di posisi ketiga dengan perolehan 12,56% namun pada 2007 turun ke posisi kelima dengan porsi 7,3%.
tabel-komix
Survei merek merek obat batuk yang dilakukan MARS Indonesia selama ini menunjukkan bahwa meski tingkat kepuasan dan loyalitas konsumen cenderung menurun, namun Komix berhasil menempati posisi sebagai market leader.

Kenapa? Pengelola Komix nampaknya berhasil memberikan value kepada konsumennya. Komix dipersepsikan konsumen sebagai satu satunya obat batuk dalam kemasan sachet (kecil, praktis dan murah), rasanya mantap, iklannya menarik dan sebagainya. Disinilah kepiawaian pengelola Komix dalam memainkan value produknya.

Meski biaya komunikasi dan promosi yang digelontorkan Komix tidak sedahsyat Vicks Formula toh produk besutan PT Bintang Toedjoe ini tetap memiliki keunggulan sebagai first in the consumers mind berkat konsep produk yang berbeda dibanding produk lain.

Sukses Komix ini tak ayal mengilhami pemain lain masuk di segmen yang sama, yaitu sachet. Namun, karena merek ini tak henti berinovasi, seperti antara lain meluncurkan berbagai varian baru (Komix Jahe dan Komix Peppermint) maka dominasi Komix agaknya sulit dipatahkan oleh para pesaingnya. ***

About these ads

0 Responses to “Komix, Obat Batuk Paling Dipercaya Konsumen”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: