06
Dec
07

Dominasi Nokia dan Peluang di Segmen Usia <15 Tahun

handphone1.gifDari tahun ke tahun, persaingan antarpelaku pasar di kategori Industri telekomunikasi semakin ketat. Persaingan ini tidak hanya terjadi di kalangan operator telekomunikasi, namun juga untuk kategori penyedia handphone (HP) seperti Nokia, Samsung, dan lainnya. Persaingan ini pun semakin panas ketika para operator menyediakan layanan berbasis CDMA.


Berdasarkan riset yang dilakukan MARS, untuk kategori penyedia HP, Nokia tetap menjadi pemimpin pasar. Sebanyak 74.7% responden mengakui memiliki HP berbasis GSM dengan merek Nokia. Kemudian diikuti oleh Sony Ericsson yang dimiliki oleh 16.4% responden. Lalu menyusul berturut-turut Motorola, Siemens, dan Samsung. Sedangkan untuk kategori CDMA, Nokia juga memimpin pasar dengan persentase responden yang memilikinya sebesar 85.3%. Kemudian diikuti Samsung dan Motorola dengan persentase masing-masing 4.7% dan 4.1%. Dengan data tersebut, teramati bahwa Nokia jauh meninggalkan merek-merek lainnya.

Yang menjadi pertanyaan sekarang, apa yang harus dilakukan merek-merek lainnya agar dapat meningkatkan pangsa pasarnya? Ada banyak hal, misalnya saja dengan melakukan promosi melalui aktivitas below the line maupun above the line. Namun, satu hal yang menarik adalah dengan menganalisis kembali segmen pasar yang akan menjadi target perusahaan. Mengapa? Karena dengan mengetahui adanya peluang pada sebuah ceruk pasar, maka perusahaan dapat secara cepat membuat strategi yang jitu agar dapat menjadi pemenang.

Dari hasil riset MARS, ternyata terdapat 13.7% dari 1630 responden yang mengaku memiliki HP untuk anggota keluarganya yang berusia di bawah 15 tahun. Persentase ini terbilang cukup besar jika melihat besarnya pangsa pasar HP di Indonesia. Hal ini wajar karena HP telah menjadi barang kebutuhan yang hampir wajib dimiliki setiap orang.

Perusahaan perlu memikirkan bagaimana membuat strategi yang mampu memenangkan ceruk pasar ini. Karena profil konsumen dengan usia di bawah 15 tahun memiliki karakter yang berbeda dengan konsumen dengan usia di atas 15 tahun, maka strateginya pun berbeda.

Jadi, selamat bersaing di pasar HP untuk segmen pasar usia di bawah 15 tahun.***

Back to front page


0 Responses to “Dominasi Nokia dan Peluang di Segmen Usia <15 Tahun”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: