06
Dec
07

Pocari Sweat Masih Nomor Satu

isotonik.jpgBila saat ini Anda sering menonton televisi, Anda tentu akan melihat iklan yang sangat agresif dari Powerade. Dengan berbagai versi, Powerade berusaha menampilkan iklan-iklan yang cukup menarik perhatian. Tujuannya jelas, Powerade berusaha untuk membuat pemirsa aware secara spontan terhadapnya. Dengan begitu, Powerade akan memiliki ungkitan yang cukup kuat untuk bisa bersaing dengan para pemain yang telah bertarung sebelumnya di pasar minuman isotonik.

Sampai saat ini, telah banyak pemain yang masuk di pasar minuman isotonik. Mulai dari Kino Sweat dari Gorup Kino, X-Ion dari PT Dankos Laboratories, Zporto dari PT Triusaha Mitraharja, Vita Zone dari Mayora, Mizone dari Aqua-Danone, sampai dengan Pocari Sweat dari PT Amerta Indah Otsuka (AIO) yang saat ini menjadi pemimpin pasar. Namun, seiring dengan ketatnya kompetisi, maka satu-persatu hilang begitu saja. Dan sampai saat ini, tinggal beberapa merek saja yang masih bertahan.

Berdasarkan hasil riset yang kami lakukan terhadap beberapa merek di kategori ini, setidaknya ada dua merek yang bersaing sangat ketat, yaitu sang pemimpin pasar “Pocari Sweat” dan merek yang terus berusaha untuk menyalipnya, Mizone. Lebih jelas dapat dilihat di tabel di bawah ini (hubungi riset MARS 021-4753080).

Data tersebut memperlihatkan bahwa saat ini Pocari Sweat masih menjadi Top of Mind di bisnis kategori minuman isotonik. Namun kalau melihat dari sisi iklan, ternyata iklan Mizon lebih disukai konsumen. Lalu yang menjadi pertanyaan, apa yang menyebabkan Pocari Sweat tetap menjadi Top of Mind? Ataukah iklan sudah tidak lagi mempengaruhi penjualan dan Top of Mind bagi konsumen?

Mengacu pada konsep Hierarchy of effect, bahwa untuk sampai pada proses ‘adoption’ atau kondisi dimana konsumen telah menjadi pelanggan setia maka perusahaan tidak hanya perlu meningkatkan awareness melalui iklan. Tetapi juga perlu ada transfer product knowledge kepada konsumen. Artinya, perusahaan harus mampu membuat konsumen benar-benar memahami apa benefit yang diterimanya. Nah, Pocari Sweat telah melakukan transfer knowledge mengenai manfaat minuman isotonik sejak enam tahun lalu. Jadi, sangat wajar bila konsumen masih banyak yang lebih percaya terhadap merek Pocari Sweat.

Namun, efek dari gencarnya iklan-iklanya yang menarik yang dilakukan Mizone tetap sangat ampuh dalam meningkatkan awareness dan penjualan. Buktinya, saat ini Mizone telah menjadi pesaing terberat di pasar ini. Berbeda dengan merek lainnya yang bernasib kebalikannya. Sehingga, di pasar ini tinggal Mizone dan Pocari Sweat yang terus bersaing memperebutkan tempat pertama.

Untuk itu, yang perlu dilakukan Powerade saat ini adalah tidak sekedar membuat iklan yang gencar dan menarik, tetapi juga perlu ada transfer knowledge atau edukasi pasar yang efektif dan jitu. Sehingga, bukan tidak mungkin Powerade akan bisa menyalip posisi Mizone maupun Pocari Sweat dan menjadi pemimpin pasar. Akhirnya, baik Pocari sweat, Mizone, dan Vitazone tentu harus berhati-hati. Dan sekarang tinggal menunggu, apakah Powerade akan mampu menjadi pesaing utama Pocari Sweat atau Mizone? Ataukah akan bernasib seperti merek lainnya?***

Back to front page


14 Responses to “Pocari Sweat Masih Nomor Satu”


  1. 1 Tami
    December 10, 2007 at 11:51 am

    boleh ga minta hasil market riset nya, kebetulan saya lagi buat paper tentang pocari sweat vs mizone nih.
    thx before.

  2. 2 Lilyana
    January 19, 2008 at 1:07 pm

    hi..,
    saya mendengar kabar bahwa pocari membuat kemasan botol 350ml untuk memigrasikan kemasan kaleng kek kemasan boto. apakah benar?
    tolong bagi hasil risetnya ya, karena saat ini saya sedang melakukan risetnya.
    thanks.

  3. 3 Richard
    February 12, 2008 at 12:04 pm

    hai
    saya mahasiswa sem akhir yang sedang menempuh skripsi dan sedang membutuhkan data penjualan pocari sweat dari tahun pertama keluar hingga yang terbaru dan juga kalau bisa saya juga minta data penjualan pesaingnya mizone. saya benar2 membutuhkan nya.
    saya mohon bantuannya.
    sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih.

  4. 4 cornelia
    February 27, 2008 at 1:33 am

    halo..
    saya mahasiswi semestwrakhir dan sedang menyusun skripsi dan saya membutuhkan data tentang hasil riset pocari sweat dengan pesaing-pesaingnya (baik itu peringkat maupun penjualannya)
    saya mohon bantuannya.
    terima kasih

  5. 5 dewi
    March 2, 2008 at 5:45 am

    sy mahasiswa akhir lagi nulis skirpsi.sebenernya target pasar minuman isotonik sapa sich. infonya kok kurang banget….!!!

  6. 6 Irene
    March 21, 2008 at 9:28 am

    Mas / Mbak,

    Saya mahasiswi S2 yang sedang melakukan penelitian pasar antara Pocari & kompetitornya. Boleh minta tolong share hasil risetnya ndak? Trutama dari segi prosentase penjualan 3 atau 5 tahun terakhir…

    Terima kasih banyak ya

  7. May 9, 2008 at 2:18 pm

    halo…
    saya mahasiswa s2 yang sedang menyusun tesis. bisa minta tolong di share tentang tabel hasil riset pocari sweat vs mizone itu nggak?

    makasi sebelumnya…

    btw, tulisannya membantu ^_^

  8. 8 inung
    May 12, 2008 at 11:58 pm

    saya mahasiswa akhir S1, saya sedang mencari informasi dan data tentang market share minuman isotonik dan bagaimana data kompetitor minuman isotonik. apakah MARS mau berbagi informasi tentang data riset minuman isotonik? saya mohon bantuannya.. terima kasiihh…

  9. 9 Arga
    July 14, 2008 at 10:39 am

    Saya mhs itenas yang sedang mengerjakan tugas akhir mengenai brand equity minuman isotonik pocari sweat dan powerade isotonik. Saya membutuhkan data mengenai persentase distribusi di kota bandung (penetrasi). Tolong saya benar2 membutukan data tersebut. Trima ksh.

  10. 10 Agatha
    July 16, 2008 at 5:58 am

    Hallo

    SAya mahasiswa S2, lagi cari bahan utk makalah, boleh nga minta data penjualan beberapa tahun terakhir, Vitazone, Pocari dan Mizone, kalau ada tolong diemail ke aku ya, thanks

  11. 11 Agatha
    July 16, 2008 at 5:59 am

    Hello

    SAya mahasiswa S2, lagi cari bahan utk makalah, boleh nga minta data penjualan beberapa tahun terakhir, Vitazone, Pocari dan Mizone, kalau ada tolong diemail ke aku ya, thankss

  12. 12 Ayu
    August 25, 2008 at 5:54 am

    saya mau tanya mengenai target pasar minuman isotonik yang masuk indonesia itu rata2 siapa yah?
    ada data2 mengenai segmentasi produk2 minuman tsb ga ya?
    mohon bantuannya
    tq

  13. 13 mega
    November 12, 2008 at 1:10 pm

    saya perlu data penjualan pocari sweat dari tahun pertamna sampi sekarang…
    mohon bantuany…
    thx

  14. 14 hadiwa
    December 7, 2008 at 3:52 pm

    yth, mas/mbak
    saya diwa, saya mahasiswa S1 sedang cari bahan presentasi seminar pemasaran buat hari rabu tgl. 10 desember 2008, mohon kesediaannya untuk memberikan data penjualan tahun terakhir Vitazone, Pocari dan Mizone.kalo ada kirim ke email saya. sekian dan terima kasih.


Leave a Reply

