14
Dec
07

Kuku Bima Terus Memimpin

kukubimakapsul-sm.jpgRiset yang dilakukan MARS memperlihatkan bahwa selama tahun 2007, Kuku Bima yang diproduksi PT Sido Muncul terus mendominasi tingkat awareness untuk suplemen penambah gairah pria. Kemudian diikuti oleh Irex yang diproduksi PT Bintang Toedjoe dan berturut-turut ada Pilkita dan Hemaviton.

Seperti juga pada tingkat awareness-nya, Kuku Bima memimpin dalam hal tingkat konsumsi. Kemampuan Kuku Bima dalam memimpin pasar cukup dominan, dan terlihat sulit dikejar oleh merek lainnya. Hal ini terlihat dari jauhnya perbedaan persentase antara Kuku Bima dengan Irex maupun Pilkita. Sedangkan Irex, yang pada tingkat awareness-nya berada di posisi kedua, ternyata tingkat konsumsinya cukup rendah hingga terlempar dari empat besar. Hasil ini membuat Pilkita masuk ke posisi kedua, yang diikuti oleh Hemaviton dan SrongPas.

Fenomena ini menunjukan bahwa perolehan awareness yang tinggi tidak selalu berarti tinggi pula tingkat konsumsi konsumen terhadap produk tersebut. Hal ini bisa disebabkan beberapa faktor. Misalnya untuk kasus ini, penyebabnya adalah adanya perbedaan persepsi antara Irex dengan merek lainnya. Yaitu, selama ini Irex memiliki persepsi sebagai obat kuat yang mampu meningkatkan kemampuan seksual atau vitalitas. Ternyata, strategi ini tidak ampuh untuk pasar di Indonesia yang memiliki karakter kurang terbuka dalam hal kebutuhan biologis. Alhasil, konsumen cenderung enggan untuk mengkonsumsi Irex.

Berbeda halnya dengan Kuku Bima dan Pilkita yang memiliki persepsi sebagai suplemen kesehatan. Meskipun, ujung-ujungnya juga ditujukan untuk meningkatkan vitalitas. Sedangkan Hemaviton, alih-alih langsung mencitrakan diri sebagai minuman peningkat kemampuan seksual, lebih dulu ’membungkusnya’ dengan persepsi sebagai minuman energi.

Nah, perbedaan persepsi di benak konsumen inilah yang membuat tingkat konsumsi Irex menjadi rendah. Dan akhirnya, Kuku Bima dengan kemampuannya memahami karakter pasar di Indonesia, berhasil untuk terus memimpin pasar di tahun 2007.***

Back to front page


0 Responses to “Kuku Bima Terus Memimpin”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: