01
Feb
08

Klik BCA dan M-BCA Masih Menjadi Pilihan

internetbank.jpgAda banyak faktor yang menyebabkan nasabah menaruh uang di bank pilihannya. Mulai dari kedekatan lokasi, layanan yang memuaskan, tingkat keamanan, fasilitas kemudahan transaksi, sampai dengan beberapa faktor lainnya.

Namun, yang paling menarik untuk dianalisis adalah faktor fasilitas kemudahan bertransaksi. Kenapa? Karena pada faktor inilah tingkat persaingan yang terjadi antarbank cukup tinggi. Hal ini cukup wajar. Ketika layanan, tingkat keamanan, dan kedekatan lokasi (cabang) sudah memuaskan nasabah, maka yang dicari oleh nasabah adalah seberapa canggih dan banyak fasilitas yang memberikan kemudahan bertransaksi.

Buktinya ketika BCA berinvestasi besar-besaran dalam menyediakan fasilitas ATM, maka peningkatan jumlah nasabah menjadi luar biasa tinggi. Akibatnya, BCA menjadi salah satu jawara yang mampu mengumpulkan dana pihak ketiga. Kesuksesan BCA ini membuat perbankan lain melakukan investasi untuk pengadaan ATM. Termasuk melalui program ATM bersama.

Setelah ATM, saat ini kita bisa melihat fasilitas kemudahaan bertransaksi lain. Seperti misalnya internet banking. Dengan internet banking, maka banyak nasabah yang merasa sangat dimudahkan. Karena, tanpa harus ke bank, tetap dapat bertransaksi dimana saja asal dapat terhubung dengan jaringan internet.

Fasilitas berikutnya yang memberikan kemudahaan bertransaksi adalah mobile banking. Dengan fasilitas ini, setiap orang yang memiliki mobile phone (HP) dapat dengan mudah bertransaksi dimana saja dan kapan saja tanpa harus terkoneksi dengan internet. Alhasil, bank pun ramai-ramai menyediakan fasilitas internet banking dan mobile banking demi mendapatkan kepuasan dan peningkatan jumlah nasabah.

Tabel Internet Banking dan Mobile Banking (2007)*

Internet Banking

Mobile Banking

No

Brand

Total (%)

No

Brand

Total (%)

1

Klik-BCA

64.3

1

M-BCA

66.2

2

HSBC Internet Banking

11.9

2

SMS Banking Mandiri

20.3

3

Internet Banking Mandiri

9.5

3

Permata Mobile

13.5

4

PermataNet

9.5

4

Niaga Ponsel Access

5.4

5

BII Internet Banking

4.8

5

HSBC Mobile

5.4

*Kelas A & B

Sumber: Indonesian Consumer Profile

Hasil riset MARS pada tahun 2007 menunjukan bahwa BCA dengan Klik BCA dan M-BCA masih menjadi pilihan nasabah. Kemudian disusul oleh HSBC untuk internet banking dan SMS Banking Mandiri.

Yang kemudian menarik adalah, bagaimana strategi HSBC, Bank Mandiri, dan bank lainnya dalam menyalip BCA untuk fasilitas ini? Kita tunggu saja hasilnya di tahun 2008 ini.***

Back to front page


0 Responses to “Klik BCA dan M-BCA Masih Menjadi Pilihan”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: