20
Feb
08

Mengapa Carrefour dan Alfamart Memimpin

winnerscircle.gifHasil riset MARS dalam Indonesian Consumer Profile 2008 menunjukan bahwa selama tahun 2007 tempat favorit untuk belanja kebutuhan rumah tangga pilihan masyarakat adalah Carrefour dan Alfamart. Carrefour merupakan tempat belanja berkategori hypermarket dan Alfamart masuk dalam kategori minimarket. Mengapa Carrefour dan Alfamart mampu menjadi favorit konsumen?

Seperti telah diketahui, keuntungan produk yang dituntut oleh konsumen tidak lagi keuntungan yang sifatnya fungsional. Tetapi juga keuntungan emosional. Untuk tempat belanja, tuntutan fungsional dapat berupa harga yang murah. Sedangkan keuntungan emosional lebih berupa lay out gerai dan cara display produk yang memudahkan dan membuat konsumen nyaman.

Nah, carrefour mampu memahami tuntutan konsumen tersebut. Karena itu, Carrefour membuat strategi dengan berkomitmen sebagai tempat belanja yang menjamin harga lebih murah. Bila ada hypermarket lain yang menjual produk yang sama dengan lebih murah, maka Carrefour bersedia mengganti selisihnya. Komitmen ini menjadi kekuatan Carrefour untuk dapat bersaing dengan tempat belanja lainnya dalam hal functional benefit.

Untuk urusan emotional benefit, Carrefour menerapkan konsep merchandise management yang meliputi merchandise plan (logo, knowledge, dan lay out) dan merchandise display. Konsep ini diterapkan seragam di setiap Negara. Tujuannya jelas, konsep ini ingin mempermudah dan membuat konsumen nyaman. Khusus display, Carrefour mengelompokkan beberapa produk tertentu berdasarkan taste, bukan merek.

Kemudian, gaya merchandise display ini diadopsi oleh oleh Alfamart. Dari yang sebelumnya mengelompokkan berdasarkan merek, Alfamart mulai mengelompokannya berdasarkan taste untuk beberapa produk tertentu. Berdasarkan pengalaman, Alfamart melihat ada kecenderungan konsumen datang bukan untuk melihat produk berdasarkan merek, tetapi berdasarkan taste.

Jadi, di era kompetisi yang semakin tinggi, perusahaan harus mampu memberikan functional benefit dan emotional benefit sekaligus agar bisa menjadi pemenang seperti carrefour dan Alfamart.***

Back to front page


1 Response to “Mengapa Carrefour dan Alfamart Memimpin”


  1. July 24, 2008 at 5:55 am

    Carrefour membuat strategi dengan berkomitmen sebagai tempat belanja yang menjamin harga lebih murah. Bila ada hypermarket lain yang menjual produk yang sama dengan lebih murah, maka Carrefour bersedia mengganti selisihnya
    Ini sih masih katanya si pengelola Carrefour. Banyaknya komplain di surat pembaca agaknya perlu dipertimbangkan.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: