30
Jun
08

Ketat, Persaingan di Pasar Obat Flu

Obat apa yang teringat pertama kali (top of mind) di benak konsumen ketika menderita sakit? Seperti misalnya sakit kepala, flu, maag, dan sakit lainnya. Dan, seberapa ketat persaingan yang terjadi untuk kategori obat tersebut?

Kalau mengacu pada Indonesian Concumer Profile (ICP) 2008, khusus pasar obat flu, ternyata terjadi persaingan yang ketat. Seperti terlihat pada tabel di bawah, posisi beberapa merek obat pada tahun 2006 dan tahun 2007 berubah dengan perbedaan presentase yang sangat kecil. Tetapi untuk posisi pertama Ultraflu masih unggul, baik tahun 2006 maupun 2007.

Namun bila diamati lebih jauh pada data di ICP 2008, ternyata pada tahun 2007 posisi Ultraflu disalip oleh Sanaflu untuk wilayah Bandung dan oleh Mixagrip untuk wilayah Surabaya. Menariknya, untuk wilayah Medan dan Makasar, Top of Mind Ultraflu sangat kecil dibandingkan keempat merek lainnya yang terdapat pada tabel di atas. Uniknya, Ultraflu sangat dominan memimpin di wilayah Semarang dan di Jakarta. Karena tingginya persentase di kedua wilayah tersebut, jadi secara total Ultraflu masih memimpin.

Bagaimana dengan merek lainnya? Terjadi perubahan posisi pada kedua tahun tersebut. Pada tahun 2007, Sanaflu menyalip Mixagrip sehingga menduduki posisi kedua. Dan Neozep Forte juga mampu menyalip Decolgen dari posisi keempat menjadi urutan ketiga di bawah Mixagrip. Ini menunjukan ketatnya persaingan yang terjadi antarmerek obat flu.

Lalu, apa yang dapat diambil dari informasi tersebut? Pertama, ketatnya persaingan menunjukan masih besarnya peluang untuk menyalip dan menjadi leader. Kedua, perusahaan perlu sebanyak mungkin mendapatkan data dan informasi mengenai daerah mana saja yang memiliki peluang untuk dilakukan penetrasi lebih besar. Ketiga, setelah memiliki informasi yang lebih banyak maka perusahaan perlu memikirkan strategi yang lebih ampuh agar mereknya mampu menjadi Top of Mind. Misalnya, dengan membuat iklan yang inovatif dan lebih menarik perhatian konsumen.

Sekarang, bagaimana dengan Top of Mind untuk kategori obat sakit kepala, sakit maag, dan sakit lainnya? Silahkan Anda tunggu pada pembahasan berikutnya.***

Back to front page


0 Responses to “Ketat, Persaingan di Pasar Obat Flu”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: