30
Jun
08

Respon Konsumen Terhadap Kesehatan

Bagaimana sebenarnya respon konsumen Indonesia ketika sedang sakit? Apa yang dilakukannya dan obat apa yang pertama kali teringat di benak mereka?

Hal ini penting untuk diketahui, karena dapat menjadi referensi yang kuat. Baik bagi konsumen agar dapat mengambil tindakan tepat maupun bagi industri farmasi dalam membuat strategi pemasaran yang tepat.

table-1.jpg

Hasil penelitian dalam Indonesian Consumer Profile 2008, memperlihatkan bahwa reaksi pertama responden (37,3% dari kelas A dan B) ketika sakit adalah beristirahat. Kedua, memutuskan pergi ke dokter praktek (26,8%). Dan ketiga, sebanyak 19,8% responden lebih memilih membeli obat warung.

Sedangkan intensitas kunjungan responden ke dokter dapat terlihat juga dalam ICP 2008. Pada tahun 2007, dalam waktu 6 bulan, sebanyak 83,9% responden menyatakan melakukan kunjungan ke dokter satu sampai dua kali. Padahal, jumlah responden yang pernah sakit dalam waktu 6 bulan adalah sebanyak 19,2%.

Ini menunjukan, ada responden yang tetap pergi ke dokter meskipun sedang tidak sakit. Alasannya bisa jadi untuk check-up atau sekadar konsultasi ke dokter.

Hasil lainnya dari ICP 2008, adalah top of mind dari obat yang menjadi pilihan konsumen. Untuk kategori obat sakit kepala, selama tahun 2007 terjadi persaingan yang ketat antara merek Paramex dengan Bodrek di beberapa daerah. Namun, secara total Paramex masih mempimpin dengan persentase sebesar 31,2%. Sedangkan Bodrek menempati posisi kedua dengan persentase sebesar 21,2%.

Kemudian, bagaimana Top of Mind untuk kategori obat lainnya? Seperti kategori obat maag, obat/jamu masuk angin, multivitamin, dan sebagainya. Merek apa yang paling sering dikonsumsi konsumen selama tahun 2007? Bagaimana dengan tingkat persaingannya? Anda dapat melihat lebih detail dalam ICP 2008.***

Back to front page


0 Responses to “Respon Konsumen Terhadap Kesehatan”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: