30
Jun
08

Toyota Tetap Mayoritas

Keputusan pemerintah menaikan bahan bakar minyak (BBM), seperti biasa, menarik perhatian seluruh elemen masyarakat. Karena, kenaikan BBM ini jelas memicu naiknya harga-harga kebutuhan masyarakat lainnya. Akibatnya, terjadi perubahan perilaku belanja konsumen di Indonesia. Untuk itu, setiap perusahaan perlu menyikapi fenomena ini. Misalnya saja, fokus pada penciptaan produk yang kompetitif, tidak hanya dari sisi kualitas dan inovasinya, tetapi juga harganya.

Lalu, bagaimana dengan perilaku konsumen di industri otomotif, sebagai industri yang berhubungan erat dengan kenaikan bahan bakar? Untuk dapat memprediksi dan mengambil kebijakannya, tentu perlu melihat data sebelumnya mengenai pola belanja konsumen di industri ini.

Berdasarkan data dari Indonesian Consumer Profile (ICP) 2008, teramati perilaku konsumen di industri otomotif selama tahun 2007. Untuk konsumen dengan SES A dan B, yang memilih kendaraan pribadi sebagai alat transportasi ke kantor sebanyak 85%. Sedangkan yang menggunakan kendaraan umum 11,8%.

Untuk jenis kendaraan pribadi, Toyota merupakan merek modil Sedan yang paling banyak dimiliki. Yaitu, sebesar 32,4% responden yang memilikinya. Toyota membawahi Mistubishi, Honda, Mazda, dan Suzuki yang menempati urutan kedua, ketiga, keempat, dan kelima sebagai kendaraan yang dimiliki responden. Untuk kendaraan Non-Sedan, Toyota juga memimpin dengan jumlah responden sebesar 41,3%.

Bagaimana dengan sepeda motor? Walaupun Yamaha sempat memimpin total penjualan di beberapa tahun belakangan ini, namun sampai saat ini Honda tetap merupakan merek motor yang paling banyak dimiliki responden. Untuk besar persentasenya, Anda dapat melihat secara detail di ICP 2008.

Nah, berdasarkan data-data tersebut, maka akan lebih mudah memprediksi besarnya pangsa pasar kendaraan bermotor di Indonesia. Tentunya juga dengan melihat tingkat inflasi yang berasosiasi dengan daya beli masyrakat.

Sekarang, tinggal bagaimana perusahaan otomotif mengambil tindakan yang tepat untuk meningkatkan penetrasi dan penjualannya, agar mampu menguasai pangsa pasar kendaraan bermotor di Indonesia.***

Back to front page


0 Responses to “Toyota Tetap Mayoritas”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: