03
Jul
08

Alasan Utama Memilih Bank

Sebelum menentukan strategi untuk mendapatkan nasabah baru, Bank perlu mengidentifikasi terlebih dahulu alasan nasabah memilih bank. Hal ini penting agar Bank mampu secara tepat dan cepat meningkatkan pertumbuhan jumlah nasabah dan kapitalisasinya.

Hasil riset Mars Indonesia menunjukan, ada beberapa faktor utama yang mendasari nasabah Indonesia dalam memilih sebuah bank dibandingkan dengan bank lain. Pertama lokasi (dekat dengan rumah atau kantor), kedua pelayanan, dan ketiga adalah keamanan.

Hasil penelitian ini cukup berbeda dibandingkan dengan penelitian sebelumnya (1995). Pada penelitian sebelumnya keamanan menjadi faktor paling dominan baru kemudian lokasi. Yang menarik adalah munculnya faktor pelayanan pada posisi kedua, yang pada penelitian sebelumnya masih menjadi faktor ke-4 atau ke-5.

Kalau melihat latar belakang pendidikan, ada kecenderungan bahwa nasabah pada tingkat pendidikan dasar dan menengah memilih bank karena lokasi bank dekat dengan rumah. Hal ini bisa dimungkinkan karena pada tingkat pendidikan tersebut, umumnya adalah ibu-ibu rumah tangga yang tinggal dirumah. Sementara pada tingkat pendidikan menengah dan tinggi lebih memilih bank karena faktor pelayanan.

Jika dilihat SES nya, di SES A, faktor dominan yang menjadi alasan SES ini dalam memilih bank karena faktor pelayanan. Sedangkan di SES B, karena faktor lokasi.

Beberapa faktor tersebut sangat penting untuk diketahui setiap bank. Dengan begitu, maka bank akan lebih siap dalam membuat strategi dalam mangakuisisi atau mempertahankan nasabah. ***

Back to front page


0 Responses to “Alasan Utama Memilih Bank”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: