24
Jul
08

Fokus Pada Functional Benefit

Berdasarkan hasil riset yang dilakukan perusahaan riset marketing MARS Indonesia, ternyata faktor utama nasabah memilih bank syariah adalah keuntungan emosional atau emotional benefit. Hal ini tercermin dari dua alasan terbesar nasabah, yaitu kesesuaian dengan syariat Islam dan keinginan agar terhindar dari riba. Sementara sisanya, merupakan faktor yang bersifat keuntungan fungsional yang mendasar atau functional benefit. Seperti keamanan, kedekatan lokasi, bagi hasil, dan kualitas layanan.

Hasil ini juga memberi arti bahwa, mayoritas nasabah perbankan syariah merupakan nasabah emosional yang masih fokus pada keuntungan emosional semata. Namun, apakah berdasarkan hasil ini juga dapat disimpulkan kalau perbankan syariah kurang berhasil mendapatkan nasabah yang mementingkan keuntungan fungsional?

Jawaban setiap orang bisa berbeda-beda. Tetapi kenyataannya, data dari Bank Indonesia menunjukan bahwa sampai saat ini total aset perbankan syariah masih sangat kecil bila dibandingkan dengan total aset perbankan nasional. Sedangkan total aset terbesar masih dimiliki perbankan konvensional, yang diantara mereka selalu berlomba-lomba dalam memberikan keuntungan fungsional agar bisa menjadi pemenang.

Idealnya, perbankan syariah harus berhasil mendapatkan nasabah yang mengutamakan keuntungan emosional dan juga keuntungan fungsional.

Untuk itu, setelah selama ini berhasil memberikan keuntungan emosional, sekarang praktisi perbankan syariah perlu lebih agresif dalam meningkatkan keuntungan-keuntungan fungsional yang dituntut oleh nasabah. Karena saat ini bank sudah memiliki peranan yang sangat penting dalam kehidupan hampir setiap orang. Bukan hanya sebagai tempat menyimpan uang, tetapi juga sebagai intermediator dalam transaksi bisnis, pembayaran gaji, dan semua aktivitas yang membutuhkan layanan cepat dan mememudahkan.

Jadi, perbankan syariah perlu fokus meningkatkan dan mengkomunikasikan baik kuantitas maupun kualitas produk dan layanannya. Sehingga, di tahun-tahun mendatang perbankan syariah tidak hanya dikenal jelas dalam memberikan keuntungan emosional tetapi juga kuat dalam memberikan kuntungan fungsional. Alhasil, akan banyak nasabah perbankan konvensional yang berbondong-bondong beralih ke perbankan syariah. Semoga Berhasil.***

Back to front page


1 Response to “Fokus Pada Functional Benefit”


  1. 1 norman
    November 28, 2008 at 5:59 pm

    kalo boleh tau indikator buat nguukur functional benefit gimana??


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: