23
Jan
09

Pergeseran Media Cetak ke Televisi & Internet

newspaper2Akhir-akhir ini santer terdengar kabar bahwa media cetak (koran, majalah, dll) sebagai sumber informasi dan berita, akan semakin ditinggalkan oleh pembacanya karena mereka memilih beralih ke media televisi dan internet. Philip Meyer, penulis buku “The Vanishing Newspaper” meramalkan koran terakhir terbit pada April 2040. Bahkan dua tahun silam dalam seminar Serikat Penerbit Suratkabar, Asto Subroto (Presdir MARS) menyebutkan, koran sebagai sebuah produk akan berakhir dalam 25 tahun ke depan.

Betulkah prediksi Meyer dan Asto Subroto tersebut? Kalau menangkap gejala-gejala yang muncul saat ini mungkin saja kita akan dapat memahaminya.

Simaklah data AC Nielsen terbaru menyebutkan, oplah koran turun sekitar 4%, majalah 24%, dan tabloid 12%. Sebaliknya, penonton televisi naik sekitar 2% dan pengakses internet naik 17%.

Lebih dari itu, beberapa tahun terakhir di negara kita terdapat beberapa media cetak, terutama majalah dan tabloid ternama, yang sudah hilang dari peredaran karena alasan readership. Sebut saja majalah Panjimas, Ummat, Jakarta-Jakarta, Tiara, Komoditas, Tekad dan masih banyak lagi. Bahkan tersiar kabar bahwa koran tua Christian Science Monitor, yang terbit di Boston (AS) sejak 1908, sudah memastikan akan menghentikan edisi cetaknya pada April 2009.

Hasil riset MARS Indonesia di 5 kota besar, yaitu Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, dan Medan, juga kurang lebih memiliki benang merah yang sama dengan prediksi di atas. Berdasarkan hasil riset tahun 2007, jumlah pembaca koran secara umum tidak lebih dari 53,6%, turun sekitar 4% menjadi 49,3% pada 2008.

Perilaku pembacanya juga menunjukkan pergeseran. Mereka yang memilih membaca secara gratis di kantor atau perpustakaan naik, dari 8,9% pada 2007 menjadi 10,4% pada 2008. Begitu pula yang membeli eceran secara tidak rutin naik dari 38,7% menjadi 47,7%. Sebaliknya yang membeli eceran secara rutin turun dari 22,1% menjadi 19,9%. Lalu yang pinjam juga turun dari 9,4% menjadi 7,9%. Tapi yang berlangganan justru naik dari 15,3% menjadi 17,7%.

Tabel. Perilaku Pembaca Koran di 5 Kota Besar

(Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Medan)

Perilaku Pembaca

2007

2008

Berlangganan

15,3%

17,7%

Membeli eceran secara rutin

22,1%

19,9%

Membeli eceran tidak rutin

38,7%

47,7%

Gratis (fasilitas kantor, perpusatkaaan, hotel, dll)

8,9%

10,4%

Pinjam

9,5%

7,9%

Sumber: MARS Indonesia

Meski pelanggan koran naik tapi angkanya tetap tidak signifikan karena masih kalah jauh dibandingkan mereka yang membeli secara tidak rutin. Ini menunjukkan bahwa memang telah terjadi pergeseran dari koran dan media cetak secara umum ke media yang lebih mudah dan murah diaksesnya yaitu televisi dan internet.

Mengenai tingginya kebutuhan masyarakat terhadap media televisi, hasil riset MARS menunjukkan, masyarakat yang memiliki televisi di 5 kota tersebut, sebagai media informasi dan hiburan utama, cukup besar yakni sebanyak 94,9%.

Sedangkan tingginya peminat internet dapat dilihat, misalnya, dari ramainya pengunjung situs Digg.com yang pada April 2006 dibuka dua juta pengunjung, setahun kemudian, jumlah pengunjungnya menjadi 15 juta. Bahkan, situs Google, Yahoo, AOL dan MSN, setiap bulan dibuka 100 juta pengunjung.

Lantas, bagaimana ikhtiar kalangan industri media cetak terutama di negara kita dalam menyikapi fenomena tersebut? Apakah mereka akan menyerah pada nasib ataukah sudah menyiapkan strategi kreatif dan inovatif demi mempertahankan eksistensi mereka agar tidak ditelan zaman? Mari kita tunggu hasil riset MARS Indonesia pada tahun depan!***



0 Responses to “Pergeseran Media Cetak ke Televisi & Internet”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: