10
Aug
09

Tingkat Loyalitas Konsumen Produk Kosmetika

kosmetikaTingkat loyalitas konsumen produk kosmetika, yang umumnya didominasi kaum wanita, ternyata lumayan tinggi. Berdasarkan hasil survei MARS Indonesia di 8 kota, yaitu Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Medan, Makassar, Balikpapan, dan Palembang, tentang Pola Belanja Produk Kosmetika diketahui bahwa mayoritas konsumen (51,5%) selalu membeli produk kosmetika begitu persediaan (stok) habis terpakai. Mereka tak mau menunggu waktu terlalu lama untuk tidak memakai bahan pemanis penampilan tersebut. Hal ini seolah menunjukkan bahwa tanpa kosmetika wanita akan kehilangan kesempurnaannya.

Bukti lain konsumen produk kosmetika (seperti bedak wajah, lipstik, hand&body lotion) begitu loyal terhadap barang-barang tersebut adalah bahwa terdapat sekitar 22,4% yang selalu melakukan pembelian secara rutin meskipun persediaan masih ada. Ini artinya kebutuhan terhadap produk kosmetika memang sudah demikian tinggi. Sementara yang membeli ketika diperlukan saja hanya sekitar 26,1%.
tabel-kosmetik
Dari sini terbaca bahwa dari sisi psikografi, maka konsumen produk kosmetika mayoritas bertipe shopping lover yaitu mereka yang selalu meluangkan waktu untuk berbelanja ke toko, minimarket, maupun mall setiapkali ada kesempatan. Sebaliknya, hanya sebagian kecil saja yang masuk kategori just buyer, yaitu mereka yang membeli produk kosmetika sesuai kebutuhan saja alias jarang berbelanja.

Konsumen tipe shopping lover itu sebagian besar berasal dari kelompok usia muda (18-25 tahun) sebanyak 52,2% dan kelompok usia menengah (26-34 tahun) sebanyak 51,5% dengan status sosial-ekonomi kelas B, yaitu yang tingkat pengeluaran belanja bulanannya di bawah nilai Rp 2.500.000 hingga Rp 1.125.000.

Lalu seberapa jauh tingkat loyalitas konsumen produk kosmetik, baik bedak wajah, lipstik, maupun hand&body lotion? Urutan pertama diraih konsumen bedak wajah, dengan proporsi 76,4% loyal dan 7,5% tidak loyal. Disusul kemudian konsumen lipstik dengan porsi 72,6% loyal dan 9,8% tidak loyal, serta konsumen hand&body lotion sebanyak 66,2% loyal dan 11,3% tidak loyal.***


0 Responses to “Tingkat Loyalitas Konsumen Produk Kosmetika”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: