24
Aug
09

Garda Oto Terdepan di Asuransi Kendaraan

garda-otoSektor asuransi, kendati sempat terkoreksi pertumbuhannya pada awal-awal masa krisis, kini kembali tumbuh dan melaju kencang. Tiap tahun pertumbuhan bisnisnya mencapai 20%-25%, bahkan dalam beberapa tahun terakhir bergerak di kisaran 30%-35%. Asuransi jiwa paling dominan, menguasai 70% pangsa pasar. Sedangkan sisanya diperebutkan asuransi umum, salah satunya adalah asuransi kendaraan bermotor.

Perlahan tapi pasti asuransi kendaraan pun mulai mengikuti arus pertumbuhan asuransi jiwa. Terbukti, permintaan pasar terhadap asuransi kendaraan bermotor terus meningkat. Hal ini seiring dengan meningkatnya kesadaran pemilik kendaraan terhadap perlindungan kendaraan bermotornya dari risiko pencurian, kerusakan akibat kecelakaan, banjir, huru-hara/kerusuhan dan terorisme. Karena itu kini persaingan di produk asuransi kendaraan bermotor semakin sengit.

Namun demikian, berdasarkan hasil riset MARS Indonesia yang termuat dalam “Indonesian Consumer Profile 2008” tingkat kepemilikan (penetrasi) asuransi kendaraan oleh konsumen di 5 kota besar (Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Medan) boleh dibilang masih rendah, kurang dari 5% dari total kepemilikan asuransi. Artinya, walau sekarang terjadi tren peningkatan tapi nilainya belum terlalu signifikan.

Lalu, dari sekitar 104 perusahaan asuransi kerugian kendaraan yang terdaftar di Indonesia, mana yang paling banyak menyedot kepercayaan pemilik kendaraan? Masih menurut hasil riset tersebut, ternyata Asuransi Astra Buana dengan produk Garda Oto menjadi yang terdepan dengan perolehan total 48,4%. Angka ini jauh meninggalkan para kompetitornya yang rata-rata perolehannya di bawah 10%.

Seperti, antara lain Asuransi Wahana Tata yang berada di peringkat kedua dan hanya memperoleh porsi 8,0%. Lalu, Asuransi Central Asia (ACA) dengan porsi 7,1%, Asuransi Sinar Mas (6,5%) dan Adira Insurance (5,1%). Menyusul berikutnya Asuransi Oris (2,7%), BCA (2,7%), Bumi Asih (2,7%), Bina Dana Arta (2,6%), Asuransi Bintang (2,3%), Jasindo Oto (1,8%), dan lain-lain.

Dilihat per kota, Garda Oto hampir unggul di semua kota, kecuali Semarang, dengan prosentase terbesar di Medan (63,6%). Ini menunjukkan bahwa Garda Oto memang yang paling digemari sebagian besar konsumen. Sementara Wahana Tata perolehan terbesar di Semarang. Lalu ACA dan Sinar Mas juga terbesar di Medan, sedangkan Adira terbesar di kota Bandung.
tabel-garda oto
Kenapa Garda Oto menjadi yang terdepan, apa keunggulan yang dimilikinya? Tak lain karena ia tak pernah bosan menelurkan berbagai terobosan dalam pelayanan asuransi kendaraan. Misalnya, dengan pelayanan armada bantuan 24 jam di jalan raya yang disebut Garda Siaga, dengan call center Garda Akses yang dapat dihubungi 24 jam. Lalu, tarif preminya juga berlaku standar secara nasional untuk perlindungan komprehensif (all risk), yaitu 3%.

Lebih dari itu, perusahaan ini memiliki jumlah bengkel rekanan paling banyak dengan tingkat layanan yang memuaskan, serta tidak cenderung mempersulit nasabah jika mengajukan klaim. Ia bahkan memberikan kemudahan bagi nasabahnya untuk mengajukan klaim. Prosedurnya, pelanggan cukup melaporkan kerugian ke petugas melalui Garda Akses 24 jam sehari. Apabila dokumen yang diminta telah lengkap, maka mulai dan proses pengajuan klaim sampai turunnya surat perintah kerja untuk perbaikan akan memakan waktu sekitar 20 menit. Setelah itu, penggantian kerugian akan dilaksanakan.

Jadi, Garda Oto yang punya 800 ribu lebih pemegang polis memang memberikan perlindungan secara total, bukan saja terhadap kasus pencurian dan kerusakan berat akibat kecelakaan, tetapi juga terhadap risiko banjir, huru-hara (kerusuhan) dan terorisme. Bahkan, apabila terjadi hal-hal yang tak terduga, Garda Oto senantiasa siap untuk menjadi yang pertama dalam membantu pelanggan (the first to help customers), dengan menempatkan ”Peace of Mind” sebagai visi yang patut diwujudkan demi kenyamanan pelanggan.

Singkatnya, perusahaan asuransi grup Astra ini memang menghadirkan rasa aman pada nasabah/pelanggan di kala menghadapi hal-hal yang tak terduga, bahkan dalam situasi yang paling sulit sekalipun. Itulah sebabnya ia menjadi yang terdepan. ***


0 Responses to “Garda Oto Terdepan di Asuransi Kendaraan”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: